Minggu, 22 April 2012

BUDAYA GOTONG ROYONG


Gotong Royong, kata tidak asing yang pernah kita dengar, adalah salah satu budaya indonesia yang membuat Indonesia di puji oleh bangsa lain karena budayanya yang unik dan penuh toleransi antar sesama manusia.


Gotong Royong merupakan kegiatan sosial dimana setiap individu bekerja sama untuk kegiatan yang positif tanpa pamrih. Misalnya membangun sebuah jembatan untuk sebuah desa yang menghubungkan ke desa lain.
Rasa kebersamaan ini muncul, karena adanya sikap sosial tanpa pamrih dari masing-masing individu untk meringankan beban yang sedang dipikul. Hanya di Indonesia, kita bisa menemukan sikap gotong royong ini karena di negara lain tidak ada sikap seperti ini dikarenakan saling acuh tak acuh terhadap lingkungan di sekitarnya.
Ini merupakan sikap positif yang harus di lestarikan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kokoh & kuat dibandingkan dengan bangsa lain. Tidak hanya dipedesaan bisa kita jumpai sikap gotong royong, melainkan di daerah perkotaan pun sering kita jumpai dengan mudah. Karena secara culture, budaya tersebut memang sudah di tanamkan sifat ini sejak kecil hingga dewasa kepada rata-rata orang indonesia.



Sifat seperti ini juga yang membuat bangsa indonesia bersatu, seperti semboyan “Bhinneka Tunggal ika” dari sabang sampai merauke tanpa mengenal suku, ras, agama, dan warna kulit. Yang bersamaan juga dengan arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.
Jadi sudah jelas, kalau kegiatan gotong royong ini sangat erat kaitannya dengan hubungan sosial yang harmonis, jika bangsa ini masih memegang teguh sifat seperti ini, maka bukan mustahil kalau tidak ada lagi perkelahian antar warga sana dengan sini, yang mungkin terjadi mungkin antara warga desa A dengan warga Desa B akan bersatu membuat suatu inovasi baru yang positif secara bersama-sama. Maka tugas kita adalah menjaga budaya budaya ini dan tetap melestarikannya mulai dari lingkungan sekitar kita sendiri.











KESIMPULAN :
Gotong royong merupakan salah satu kegiatan dimana kegiatan ini mencerminkan suatu ahlak baik bersatu bersama mulia dan harmonis sesamanya yang dibantu atau di gotong royongkan, gotong royong adalah dimana satu orang dibantu oleh sekumpulan orang lain yang membantunya atau sebaliknya sehingga kerjaan apapun menjadi mudah dan ringan bila budaya ini dilakukan bila ada pekerjaan yang cukup berat dan bisa dibilang tidak bisa dilakukan dengan satu orang saja contohnya membangun jembatan desa A ke desa B, selain itu budaya gotong royong ini dapat anda temukan hanya di Indonesia karena diluar sana atau dinegara selain Indonesia tidak ada gotong royong karena sifat orang yang acuh tak acuh terdahap apa yang dikerjakan oleh orang yang butuh bantuan tersebut, jangankan diperdesaan diperkotaan pun dapat anda temukan.

6 komentar: